Perkuat Layanan 5G, Telkomsel Gandeng Cisco dan Huawei

Perkuat Layanan 5G, Telkomsel Gandeng Cisco dan Huawei

Telkomsel dan Cisco akan membangun CDA 5G Test Hub guna memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia.

Jakarta, PORTALSULUT – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menggandeng perusahaan teknologi Huawei dan Cisco untuk meningkatkan kualitas jaringan 5G. Langkah ini ditempuh agar layanan Telkomsel selaras dengan visi Indonesia Digital pada 2025.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, kolaborasi ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyediakan layanan 5G. “Kerja sama strategis ini merupakan bentuk nyata dalam pematangan kesiapan teknis Telkomsel untuk pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers, Jumat (1/3/2019).

Perusahan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Cisco akan membantu Telkomsel meningkatkan jaringan selular agar siap menyediakan layanan 5G. Untuk itu, keduanya akan membangun Country Digital Acceleration (CDA) 5G Test Hub guna memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia.

Lalu, Telkomsel akan mengembangkan Joint Innovation Center 5.0 dengan perusahaan teknologi asal Tiongkok, Huawei. Kolaborasi ini dalam rangka pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kemitraan ini sendiri dilakukan di sela-sela Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol. Acara tersebut mengambil tema ‘5G: Intelligent Connectivity‘. Teknologi 5G pun dianggap sebagai salah satu faktor pendukung terwujudnya industri 4.0.

Adapun Telkomsel sudah memperkenalkan teknologi 5G di Indonesia pada saat ASIAN Games, Agustus 2018 lalu. Saat itu, Telkomsel meluncurkan Telkomsel 5G Experience Center dengan memperkenalkan perangkat seperti Live StreamingFootball 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus. [PortalSulut.com]

Reporter : Simon Siagian

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan