Pulang Kampung, Sonya Silviana Kembuan Ingin Manado Jadi Smart International City

Pulang Kampung, Sonya Silviana Kembuan Ingin Manado Jadi Smart International City

Sonya Silviana Kembuan, Perempuan Minahasa yang berprofesi sebagai pengusaha di benua Eropa ini dengan niat tulus pulang kampung untuk bisa membangun Kota Manado sebagai Smart International City.

Manado, PORTAL SULUT – Aspirasi Masyarakat Manado yang memintanya memimpin pembangunan kota Manado tahun 2021-2026, menjadi motivasi yang kuat bagi Sonya Silviana Kembuan (SSK) untuk pulang kampung.

SSK pun berani meninggalkan zona nyaman kesuksesannya sebagai pengusaha di benua Eropa untuk bisa bertarung di Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Manado (Pilwako) tahun 2020 nanti.

“Aspirasi masyarakat Kota Manado yang meminta saya untuk turun tangan memimpin pembangunan Kota Manado merupakan panggilan mulia buat saya,” ujar SSK ke sejumlah wartawan usai menggelar pertemuan bersama masyarakat Manado di Quality Hotel, Senin (06/05/2019).

Saat ditanya tentang visi dan misi yang di usung, secara lugas SSK mengungkapkan ingin menjadikan Kota Manado menjadi Kota yang lebih baik lagi dari saat ini.

“Latar belakang saya pengusaha. Aspirasi masyarakat Kota Manado saya jawab dengan visi dan misi pembangunan dengan menjadikan Manado sebagai Smart International City. Artinya, kedepan Manado menjadi bagian dari dunia. Menjadi satu Kota perdagangan internasional yang moderen, berbudaya dan pluralisme,” jelas SSK.

Ia juga akan memberikan sentuhan khusus buat dunia pariwisata di Kota Manado.

“Selama ini saya banyak melihat negara-negara luar. Manado ini punya potensi pariwisata yang besar tapi belum dikelolah dengan baik dan profesional. Jika diberikan mandat oleh masyarakat Manado, apa yang selama ini saya lihat dan kerjakan di Eropa dan belahan negara lainnya, akan saya aplikasikan di Kota Manado. Saya akan mulai dari melengkapi fasilitas infrastruktur pariwisata dan juga kebersihan kota ini,” jelasnya seraya memuji keramahtamahan orang Manado.

Hal tak terduga, ternyata SSK telah memiliki program khusus untuk membangun objek wisata kota Manado yang sempat terkenal di dunia internasional, yakni pulau Bunaken.

“Saya punya program khusus untuk pembangunan objek wisata pulau Bunaken. Disana objek wisata yang terkenal taman lautnya. Saya akan benahi kebersihan taman lautnya, dan memperbaiki coralnya dengan melibatkan masyarakat sekitar, para aktivis lingkungan dan para diver. Saya ingin membuat turis merasa nyaman. Untuk alat transportasi, selain kapal, saya rencanakan untuk membangun skylift, kereta gantung, seperti di Swiss. Memang biaya investasinya besar, tapi biaya tranportasinya lebih murah,” beber SSK yang mengaku akan menggunakan jalur partai politik (Parpol) untuk ikut bertarung di Pilwako Manado. (Portalsulut.com)

Penulis : Simon Siagian

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.