Mencari Pemimpin Manado (1) : Imba Dirindukan, Keintjem dan Daud Curi Perhatian

Mencari Pemimpin Manado (1) : Imba Dirindukan, Keintjem dan Daud Curi Perhatian

Nama Alfrets Fery Keintjem dan Bobby Daud menguat sebagai figur yang layak untuk mendampingi Jimmy Rimba Rogi pada Pilwako Manado.

Manado, PORTAL SULUT – Pesta demokrasi 2019 di Indonesia baru usai. Pencarian pemimpin Indonesia dan Wakil Rakyat periode tahun 2019 – 2024 pun hanya menunggu ketuk palu penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) yakni Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI).

Namun, publik media sosial (medsos) kota Manado sudah diramaikan dengan wacana mencari pemimpin Sulawesi Utara periode 2020 – 2025 dan pemimpin kota Manado periode 2021 – 2026.

Untuk Kota Manado sendiri, Wali Kota Vicky Lumentut sesuai peraturan perundang-undangan sudah tidak dibenarkan lagi mencalonkan diri.

Lumentut telah memimpin Kota Manado selama 2 periode, yakni periode pertama 2010 – 2015 berpasangan dengan Harley A.B. Mangindaan dan di periode kedua 2016 – 2021 nanti bersama Mor D. Bastiaan.

Tercetus beberapa nama politisi papan atas yang ditawarkan ke masyarakat jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado. Survey dadakan pun bermunculan.

Berikut catatan Portal Sulut terkait calon nama pemimpin kota Manado.

1.Jimmy Rimba Rogi

Di urutan pertama, nama mantan Wali Kota Manado periode 2005 – 2008, Jimmy Rimba Rogi sangat kuat digaungkan. Imba sangat dirindukan masyarakat Manado.

Saat memimpin Kota Manado, Imba, sapaan akrabnya, dinilai berhasil membenahi carut marut wajah kota Manado.

Ia juga dinilai berhasil memuaskan dahaga sepak bola mania kota Manado lewat tim sepakbola kebanggaan warga Manado, Persma.

Tak hanya itu, Imba juga dinilai berhasil membuka lapangan pekerjaan di Kota Manado.

Sekalipun hanya memimpin Kota Manado kurang dari 3 tahun (23 Agustus 2005 – 22 April 2008), Imba, dinilai sangat sukses membenahi kota Manado, sebelum akhirnya pada 10 Agustus 2009 silam hakim pengadilan Tipikor di Jakarta, Teguh Hariyanto memvonis 5 tahun penjara terkait penyalahgunaan APBD Kota Manado tahun 2006.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari sang panglima.

Namun, bergulir beberapa nama beken yang berpotensi mendampingi sang Panglima, diantaranya ; politisi PAN, Bobby Daud dan mantan Dirut PD. Pasar Manado, Alfrets Fery Keintjem.

Politisi PAN, Bobby Daud

Bobby Daud

Nama politisi PAN ini tak asing lagi. Boby Daud dinilai mewakili suara umat muslim di Kota Manado.

Pada Pilcaleg 2019, Bobby Daud diperkirakan lolos ke kursi DPRD Kota Manado mewakili dapil Singkil-Mapanget.

Pada Pilwako Manado tahun 2015 lalu, berpasangan dengan Imba, sempat mendeklarasikan maju sebagai salah satu konstentan Pilwako Manado dengan kenderaan partai Golkar dan PAN.

Pasangan ini dianulir KPU Manado karena dianggap tidak memenuhi syarat.

Alfrets Fery Keintjem

Alfrets Fery Keintjem, SE.Ak.

Nama mantan Direktur Utama PD. Pasar Manado yang kontroversial ini pun dinilai masyarakat sangat layak mendampingi sang Panglima. Keberhasilannya membenahi carut marut pasar tradisional di kota Manado termasuk membenahi manajemen BUMD Kota Manado ini, menjadi salah satu modal kuat Keintjem. Pengalamannya sebagai bankir di bank nasional juga dinilai mumpuni untuk saling melengkapi bersama Imba. Keintjem juga diketahui memiliki kedekatan dengan Istana negara. Keintjem merupakan salah satu Pendiri dan juga Ketua Relawan Doa Untuk Jokowi Amin (DoJo-Amin) Propinsi Sulawesi Utara. “Yang saya lihat di medsos, dan juga permintaan melalui penyampaian langsung beberapa kelompok masyarakat ke saya, ini bentuk aspirasi masyarakat dalam berdemokrasi. Saya harus menghormati dan berterimakasih ke masyarakat Manado. Kalau ditanya apakah saya punya keinginan membangun kota Manado, pasti ada. Semua warga Manado wajib memiliki keinginan membangun kota ini. Kita lihat kedepannya bagaimana. Saat ini, sebagai profesional yang diberi amanah, saya tetap bekerja sebagai Banwas PD. Pasar Manado,” ujar Keintjem ke Portal Sulut.

[PortalSulut.com]Penulis : Simon Siagian

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.